Di Yogya, Remaja Rentan Anemia Gara-gara Takut Gemuk

loading...


Jakarta – Dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional, Presiden RI, Joko Widodo sempat menanyakan masalah kesehatan yang masih banyak dialami oleh beberapa daerah di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Yogyakarta menuturkan, selain stunting masalah kesehatan yang masih banyak terjadi adalah anemia atau kekurangan darah di kalangan remaja.

“Kita melihat ternyata pola dan gaya hidup masyarakat khususnya remaja yang dia takut konsumsi makanan yang seimbang. Takut gemuk, ini berdampak pada asupan gizi sehingga salah satu dampaknya adalah kekurangan darah,” ujar Kepala Dinkes DI Yogyakarta, dr Vita Yulia, pada Selasa (12/2/2019).



Persepsi diet nampaknya masih kurang dipahami bagi kalangan remaja. Menurut mereka, pemahaman tentang diet adalah makan dengan porsi yang sedikit.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Kesehatan Masyarakat, Kirana Pritasari, mengatakan diet yang baik adalah mengatur jumlah porsi makan yang seimbang. Buah dan sayur sangat diperlukan tubuh agar nutrisi tubuh tetap terjaga.

“Efeknya ketika berlanjut (kurang makan sayur dan buah) akan terjadi stunting. Jadi, kalau perempuan sehat itu dampaknya besar. Angka kematian ibu turun, bayi sehat,” pungkasnya.

Sebenarnya, diet itu apa sih? Simak di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *