Dorna Pertimbangkan Majukan Start MotoGP Qatar

loading...


Madrid – Promotor MotoGP, Dorna, membuka peluang untuk memajukan waktu balapan di Qatar. Para pebalap telah menyuarakan kekhawatiran terkait keamanan saat melakoni tes.

Rider Repsol Honda Jorge Lorenzo menjadi salah satu pebalap yang mendesak agar balapan dimulai lebih awal. Sejumlah rider, termasuk Lorenzo, jatuh di hari terakhir uji coba yang berlangsung dalam kondisi dingin dan berangin.

Insiden itu terjadi sekitar pukul 9 malam dengan suhu lintasan Sirkuit Losail berada di bawah 16 derajat celcius. Menurut Lorenzo, balapan dalam kondisi serupa bisa membahayakan para pebalap.



CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, mengungkapkan bahwa pihaknya memungkinkan untuk memajukan waktu balapan dari pukul 8 malam ke pukul 7 malam seperti tahun lalu. Sebelum 2018, waktu race dimulai pada pukul 9 malam, tapi kemudian diubah usai balapan tahun 2017 nyaris dibatalkan karena hujan terus-menerus.
“Saya sudah membicarakannya dengan Jorge dan para pebalap lain dan kami harus mengevaluasi situasinya,” Ezpeleta mengungkapkan dikutip Autosport.

“Saat ini tidak ada yang diputuskan, tapi kalau keputusannya ada pada kami untuk meningkatkan keamanan para pebalap, maka kami akan melakukannya. Kalau kondisinya memang sangat berbahaya, kami akan menerapkan perubahan.”

Qatar menggelar balap malam sejak 2008. Dalam 11 edisi, Lorenzo tampil sebagai pemenang terbanyak (3), menyamai Casey Stoner. Musim lalu balapan dimenangi oleh rider Ducati Andrea Dovizioso. (rin/raw)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *