Cara Membuat Halaman di Word dengan Mudah, Tak Perlu Diketik Manual

loading...


Selanjutnya kamu juga perlu mengatur halaman pada isi konten yang terdiri dari beberapa bab. Pada bagain ini akan menggunakan format nomor halaman yang berbeda dari sebelumnya. Kalau sebelumnya menggunkan penomoran romawi pada halaman, sedangkan yang ini menggunakan nomor numerik biasa.

Umumnya pemberian nomor halaman pada isi konten ada pembagian yang berbeda. Contohnya untuk judul bab posisinya akan diletakkan di tengah bawah, dan isi bab diletakkan di kanan atas.

Cara membuat halaman di Word ini, pertama-tama kamu perlu membuat Section baru. Karena kalau kamu tidak membuat Section baru, maka format halaman yang sebelumnya akan ikut terubah. Nah, untuk membuat section baru, kamu bisa klik pada halaman judul bab pertama, kemudian klik Page Layout > Breaks > Continous.

Selanjutnya kamu perlu menghapus keterkaitan halaman tersebut dengan halaman sebelumnya. Hal ini dilakukan guna agar halaman berbeda dari yang sebelumnya.

Maka posisi hanya akan berlaku pada section itu saja dan tidak berlaku pada untuk section sebelumnya. Cara menghapus keterkaitannya adalah dengan klik Insert > Header > Edit Header.

Kemudian kamu akan dialihkan ke Tab Design, di sini kamu bisa klik Link to Previous jika tombol tersebut dalam keadaan aktif untuk menonaktifkannya, sehingga background tersebut menjadi putih. Untuk cara menambahkan halaman di Word klik Page Number > Top of Page > Plain Number 3.

Halaman yang dibuat ini terletak pada kanan atas semua. Sementara kamu membutuhkan halaman judul bab berada di tengah bawah. Untuk itu, kamu perlu melakukan langkah tambahan.

Masih di tab Design, centang Different First Page. Hapus nomor halaman yang ada pada kanan atas dari halaman judul bab tersebut. Selanjutnya klik Page Number > Bottom of page > Page Number 2.

Lakukan hal ini untuk meneruskan ke bab 3 dan seterusnya. Bedanya kamu harus mengatur agar nomor halamannya tetap dilanjutkan dari halaman sebelumnya.

Silakan klik pada halaman bab 2 dan seterusnya kemudian klik Insert > Page Number > Format Page Number. Pada jendela Page Number Format, klik Continue from previous section, kemudian OK.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *