Partisipasi WNI di Chicago AS Ikuti Pemilu 2019 Naik 300%

loading...





Jakarta
Pelaksanaan Pemilu 2019 di Midwest Amerika Serikat berjalan dengan lancar. WNI yang mengikuti pemungutan suara di TPS Chicago naik 300% dibanding dengan Pemilu 2014 lalu.

Ada 471 WNI yang menggunakan hak suaranya di TPS Chicago yang dibuka di TPS Chicago yang dibuka di Indonesian Cultural Center, Chicago, Sabtu (13/4/2019). Antusias WNI cukup terasa di TPS ini karena mereka sudah mengantre sejak pukul 08.00 pagi waktu setempat.

“KJRI Chicago, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Chicago, Panwaslu Chicago dan KPPS LN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) Chicago bekerjasama untuk memastikan penyelenggaraan pemilu untuk masyarakat Indonesia di Midwest bisa berlangsung dengan baik, tertib dan transparan,” ujar Konsul Jenderal RI di Chicago, Rosmalawati Chalid dalam keterangan tertulis KJRI Chicago, Selasa (16/4/2019).


Sementara itu menurut Ketua PPLN Chicago, Martino Tangkar, partisipasi WNI yang mengikuti Pemilu 2019 jauh lebih banyak dibanding pemilu sebelumnya. Peningkatannya cukup signifikan.

Partisipasi WNI di Chicago AS Ikuti Pemilu 2019 Naik 300%Foto: Cendol makin semarakkan Pemungutan Suara di Chicago AS. (Dok KJRI Chicago).

“Partisipasi pemilih Chicago tahun ini meningkat 300% dibandingkan yang datang ke TPS pada tahun 2014. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada masyarakat Indonesia di Midwest, yang telah memberikan dukungan bagi terselenggaranya pemilu dengan lancar dan tertib hari ini,” ujar Martino, dalam keterangan tertulis yang sama.

Selainn diawasi oleh Panwaslu, Pemilu di Chicago juga dihadiri saksi dari dua pasangan kandidat di Pemilu 2019. Pemungutan suara di TPS Chicago ditutup pada pukul 18.00. Seluruh surat saura, termasuk yang diterima melalui pos, akan dihitung pada hari Rabu (17/4) di Indonesian Cultural Center, Chicago, sejak pukul 08.00.

Para WNI yang mengikuti pemungutan suara di Chicago sangat bersemangat datang. Mereka menempuh perjalanan yang cukup jauh dari tempat tinggalnya untuk bisa menggunakan hak pilih mereka.

Partisipasi WNI di Chicago AS Ikuti Pemilu 2019 Naik 300%Foto: Pemungutan Suara di Chicago AS. (Dok KJRI Chicago).

Mereka tetap bersabar mengantre sejak pagi hari pukul 08.00. Selain untuk menyemarakkan pesta demokrasi, bagi WNI, pemilu di luar negeri juga sekaligus merupakan kesempatan untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan masyarakat Indonesia lainnya. Di kesempatan inilah, mereka bisa melepaskan kerinduan mereka terhadap tanah air.

Pemungutan suara di TPS Chicago juga dilengkapi makanan khas Indonesia. Tentu saja ini semakin mengobati rindu WNI yang tinggal di Midwest AS.

“Antreannya panjang. Tapi nggak kerasa, soalnya bisa ketemu teman-teman di sini,” ujar salah satu WNI yang mencoblos di TPS Chicago, Ivan.

Mahasiswa Indonesia yang tinggal di Urbana tersebut menempuh perjalanan ke Chicago untuk menggunakan hak pilihnya. Ivan berangkat bersama tema-temannya.

“Tambah asyik, karena ada cendol durian dan nastar,” kata dia.

(elz/tor)







Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *